BLANTERORIONv101

Tips Memilih Buku yang Bagus Untuk Dibeli

10 Agustus 2022
Masih jaman aja obat badmood ngabisin duit, jalan-jalan atau nongkrong gibah sana sini?, yuk biasakan menghilangkan badmood dengan kegiatan produktif, jangan gengsi untuk sibuk dengan hal hal yang berbau seni. 

Membaca buku merupakan salah satu seni untuk memahami dunia, disisi lain membaca buku akan membawa otak kita untuk berfikir lebih kritis terhadap permasalahan yang ada, dilihat dari segi fisik buku memang hanya setumpukan kertas yang dijilid, di cover warna, padahal buku mampu membawa cita cita orang hingga menyebrangi benua, itulah mengapa kita harus termotivasi untuk membaca, membaca dan terus membaca.

Memilih buku untuk dibaca sangat perlu diperhatikan, karena salah memilih atau membeli buku hanya mendatangkan penyesalan saja di akhir. Membaca untuk kebutuhan atau membaca hanya sekedar untuk hiburan?

Kalian pernah mengalami kebingungan saat membeli buku?, Yaps hal ini wajar dialami oleh sebagian orang ketika sudah mempersiapkan buku apa yang akan dibeli, terkadang malah justru tertarik dengan buku yang lain.

Sering terjadi bukan?, Memilih buku yang tebal dengan price yang tidak standar malah justru akan mendatangkan penyesalan, ternyata kita perlu mengidentifikasi buku apa yang akan kita beli, berikut ada beberapa tips sebelum memilih buku:

Buku untuk kebutuhan atau sekedar hiburan?

Banyak orang terlalu berekspektasi tinggi terhadap buku yang akan dibeli, hanya melihat dari sisi sampul nya saja yang menarik, malah justru membawa kesia sia an di akhir waktu, karena banyak orang membeli buku yang pada akhirnya tidak dibutuhkan atau tidak untuk di baca dalam waktu dekat, kemudian orang membeli buku hanya melihat dari sisi price nya saja.

Inilah mengapa perlu mengidentifikasi buku sebelum membeli, ada beberapa tips yang perlu kalian ketahui sebelum memilih dan membeli buku :

     a. Memilih buku untuk dibaca dalam waktu dekat
   
     Hal ini didasarkan pada kebutuhan masing-masing orang, seperti ketika orang sedang atau akan mengalami masa pubertas, maka pilihlah buku tentang pubertas, juga ketika posisi kalian adalah seorang ibu, maka kalian juga bisa memilih buku tentang seni berkomunikasi dengan buah hati atau cara mendidik anak dengan berbagai pandangan.

     b. Memilih buku untuk keperluan belajar

     Jika kalian seorang pelajar, maka kalian juga perlu memahami permasalahan apa yang belum terjawab ketika kalian di sekolah, misal pelajaran yang kalian ikuti di sekolah belum maksimal, kalian juga perlu memilih buku yang masih serumpun, guna menambah wawasan baru, atau jika tingkatan kalian adalah seorang mahasiswa.


Tentu kalian sangat memerlukan buku buku riset dan sejenisnya, maka kalian tidak perlu lagi memilih atau membeli buku yang bukan untuk keperluan belajar, karena buku yang bisa membantu permasalahan kita saat ini terkadang akan lebih mudah untuk dipahami.

     c. Memilih buku untuk hiburan

     Karakteristik seseorang dalam memilih buku memang memiliki ciri khas masing masing, dan orang yang memilih buku untuk hiburan adalah tipe orang yang santai dan enggan untuk mempermasalahkan hal hal kecil, maksud dari memilih buku untuk hiburan disini bahwa membaca buku akan membawa ketenangan batin dan pikiran, serta akan menghilangkan rasa jenuh yang berlebihan.


Banyak kalangan mengkoleksi buku buku favoritnya, seperti novel ataupun komik untuk setiap edisi yang baru diterbitkan, tentu ini adalah hal yang wajar karena bagi mereka membaca buku adalah dunia lain.

Dengan sering membaca buku, pikiran kalian akan lebih terbuka baik itu untuk sekedar wawasan ataupun untuk menyelesaikan masalah, karena tanpa disadari orang yang kualitas bacaannya meningkat maka orang tersebut tidak mudah emosi dan tidak melihat sesuatu hanya dari satu sisi saja, dan dari membaca buku kalian akan dilatih untuk menjadi orang yang bijak di hidup kalian sendiri dan di lingkungan sekitar.

Pada intinya pilihlah buku sesuai dengan kebutuhan dan tujuan kalian, dan pastikan buku tersebut memiliki kualitas yang tinggi dengan harga yang standar, jadi tunggu apa lagi! Yuk biasakan membaca...

Komentar