BLANTERORIONv101

Apa Itu Software? Ketahui Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

19 April 2022

Mungkin anda sudah tidak asing lagi mendengar kata software. Dari saat di sekolah sampai kuliah dan bahkan saat kerja. Kata software sering terdengar di telinga, apalagi yang kuliah ambil jurusan IT yang pastinya sudah mengetahui lebih dalam tentang software.

Sekarang sudah banyak yang bisa anda pilih dari perangkat lunak ini yang bisa membantu untuk menyelesaikan kebutuhan. Software ini bisa membantu anda untuk editing video, pekerjaan kuliah, melakukan analisis data, membuat desian, bermain game dan bahkan melakukan pembukuan perusahaan.

Dengan menggunakan software payroll bisa mempermudah anda dalam melakukan pembukuan otomatis. Kelebihan disini anda bisa mengatur sesuai dengan kebutuhan anda. Software payroll akan mempermudah anda dalam memberikan hak yang sesuai dengan kebutuhan.

Jika anda membutuhkan software untuk mempermudah keperluan, saat ini anda sudah dengan mudah untuk menemukannya di Krishand Software, disana lengkap sekali software untuk mempermudah keperluan anda.

Pengertian Software

Software adalah suatu data yang bisa diformat, disimpan dan diprogram menggunakan digital dengan fungsinya. Anda juga harus ketahui perangkat software ini tidak berbentuk sebuah fisik. Namun anda bisa melakukan pengoperasian melalui komputer.

Seorang yang ahli dalam bidang ini atau biasa disebut dengan programmer yang membuat perangkat ini menggunakan bahasa pemrograman. Kita bisa sebut komputer dengan Hardware atau perangkat keras, adanya software ini akan digabungkan dengan aplikasi yang bernama kompiler supaya dapat menjadi kode untuk dikenal hardware.

Fungsi Software

1. Saat menjalankan sebuah komputer pasti kita memerlukan sebuah software untuk menjalankannya, itu lah fungsi penting dari software.
2. Dalam melakukan pengaturan pada hardware ini lah fungsi dari software yang dapat dilakukannya. Komputer akan menjalankan perintah dengan baik sesuai kebutuhan anda.
3. Tidak kalah pentingnya software berperan juga sebagai penghubung antara beberapa software yang lain pada hardware.
Baca Juga:
Disini kita bisa tahu bahwa peran software sangat lah penting terhadap hardware atau perangkat komputer. Software yang baik tentu akan lebih mempermudah lagi pekerjaan yang dibutuhkan.

Saya akan memberikan beberapa spesifikasi software untuk mendukung kebutuhan dalam pengoperasian komputer. Berikut operasi untuk mesin server, Microsoft Windows Server, Sistem Operasi Linux, Free BSD dan masih banyak lagi. Ada juga DNS Server, Web Server, Database Server untuk memberikan dukungan terhadap aplikasi jaringan komputer.

Contoh Software

Supaya lebih mempermudah dalam memahami penjelasan di atas tentang software. Dengan contoh yang saya berikan ini akan memberikan gambaran tentang software atau bahkan anda menggunakan software, tapi tidak tahu bahwa itu software.

Sebelum memberikan contoh bagi anda yang pekerja atau sebagai orang yang mengelola suatu perusahaan pastinya membutuhkan suatu software yang dapat mempermudah anda dalam menghitung, mencatat atau memproses keuangan. Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk mempermudah itu semua.

1. Microsoft Word
Software ini mungkin sudah sering anda gunakan, yang fungsinya untuk membantu tugas dan pekerjaan anda dalam tampilan kertas menjadi dokumen melalui cara kerja mengetik dan mengedit.

2. Microsoft PowerPoint
Software ini sering digunakan sebagai media presentasi. Bagi anda yang sering presentasi, pasti sudah tidak asing lagi dengan software satu ini. Fungsinya sendiri selain untuk presentasi, anda bisa edit foto, membuat video dan masih banyak lagi dalam bentu slide.

3. Microsoft Excel
Kegunaannya kurang lebih sama dengan Microsoft Word, namun Microsoft Excel memiliki tampilan dalam bentu kolom dan sering digunakan untuk menghitung, karena dengan kemampuan software ini pekerjaan menghitung dan membuat tabel menjadi sangat mudah.

Komentar