MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Ini lah Cara Agar Berani Berbicara di Depan Umum

Ini lah Cara Agar Berani Berbicara di Depan Umum
Add Comments
25 Mei 2022

Memang berbicara didepan umum atau public speaking bukan lah satu hal yang mudah. Bicara didepan umum tidak lah sama dengan bicara dengan teman di tongkrongan.

Bagi yang belum terbiasa bicara didepan umum agar baik memang butuh latian secara bertahap dan juga membentuk keberanian yang nantinya bisa menjadi biasa saat bicara didepan umum.

Semua orang bisa bicara didepan umum atau public speaking, namun tidak semuanya lancar dan bahkan tidak semua berani saat akan berbicara didepan orang banyak.

Sebenarnya bicara public speaking sudah diajarkan saat kita masih sekolah, dengan praktek yang diberikan guru yang diharuskan kita maju dan berbicara didepan kelas kepada teman sekelas. 

Namun pada saat sekolah masih belum terlalu terfokuskan agar siswa bisa public speaking. Padahal public speaking sangatlah penting setelah lulus dari sekolah atau kampus nantinya.

Bicara didepan banyak orang tidak lah asal mengucapkan, bagaimana kita harus berusaha untuk tidak gerogi dan bisa menjadikan audiens atau pendengar supaya selalu fokus untuk selalu mendengarkan apa yang ingin kita sampaikan.

Hal utama yang paling penting saat bicara didepan umum selain pemilihan kata yang akan disampaikan ke audiens yaitu audiens tidak bosan dan mendengar sampai akhir apa yang kita sampaikan.

Bagi anda yang akan pertama kali ingin public speaking atau masih belum lancar public speaking, berikut saya akan memberikan caranya agar berani dan lancar:

1. Melatihnya Secara Konsisten
Jika anda ingin lancar public speaking jangan terus membaca bagiamana langkah-langkah. Memang membaca itu penting, namun praktek secara langsung merupakan langkah pertama dalam melatih public speaking.

Banyak tempat yang bisa kita gunakan untuk latihan agar lancar berbicara didepan umum. Bisa dari ikut organisasi sekolah atau kampus, biasanya disana akan banyak melakukan suatu diskusi untuk menyampaikan pendapat.

Jika ada organisasi public speaking disekolah atau kampus itu yang harus anda pilih, dari pada organisasi biasa. Jika anda ditunjuk untuk berbicara di organisasi jangan sesekali menolak, berani dulu untuk berbicara. Karena lingkup organisasi masih kecil, jika ada kesalahan kita bisa alasan masih belajar ke anggota lain.

Bagi anda yang suka dirumah atau introvert bisa mulai latihan dengan bicara didepan kamera. Anda tidak harus membeli kamera untuk memulainya, bisa mulai dengan HP yang anda punya untuk memulai latihan.

Ketika video tersebut sudah jadi, anda bisa lihat sendiri bagaimana letak kesalahan saat anda berbicara. Anggap lah berbicara didepan kamera seperti ditonton banyak orang, karena video tersebut akan anda upload ke publik media sosial. Jika anda berani upload keberanian public speaking sudah mulai muncul.

Setiap kesalahan atau kurang tepat bisa anda perbaiki di video berikutnya agar kata per kata yang anda sampaikan bisa lancar dan sesuai dengan apa yang diinginkan.

2. Menulis
Mau bicara kok malah nulis?, menulis bisa anda lakukan agar anda bisa memilih kata yang tepat dan sesuai untuk anda sampaikan ke audiens. Dengan menulis secara konsisten juga, secara tidak langsung akan melancarkan kata per kata saat anda bicara dan memiliki banyak opsi kata untuk bicara.

3. Memberanikan Diri Tanpa Berfikir Kesalahan
Bagi orang yang baru mau bicara didepan umum memberanikan diri merupakan suatu hal yang harus anda punyai. Berani lah dulu bicara, jangan takut salah, karena kesalahan bisa dilakukan siapa pun. Orang yang sudah profesional public speaking sekali pun bisa melakukan kesalahan. Jadi jangan takut salah dan berani lah untuk berbicara.

Dalam hal kecil saat dikelas, terkadang kita mempunyai banyak hal yang mau disampaikan ke guru atau dosen tapi kita takut menyampaikannya, karena takut salah atas apa yang mau disampaikan. Jika anda masih takut salah dengan apa yang ingin anda sampaikan di kelas, bisa membuka kata dengan permohonan maaf terlebih dahulu.
Baca Juga:
4. Mulailah Public Speaking Sekala Kecil Sampai Besar
Mulai dulu dengan sekala kecil seperti memimpin acara keluarga atau organisasi jika anda mengikutinya. Menjadi moderator atau pemimpin presentasi saat kelompok atau bahkan anda sendiri yang akan presentasi. 

Berani menyampaikan pendapat saat diberikan kesempatan dosen atau guru untuk menyampaikan. Jawab atau tanya jika dilakukannya diskusi, hal itu akan membantu anda untuk mulai berani public speaking.

Jika anda sudah terbiasa public speaking sekala kecil. Selanjutnya bisa mulai memberanikan diri untuk public speaking sekala besar, seperti acara kampus atau pengisi diseminar.

Tekanan public speaking sekala besar akan terasa berat, seperti halnya anda mau memulai memberanikan diri saat pertama kali praktek public speaking, jadi beranikan diri dulu dan memulainya. Berikan semua yang telah anda lakukan dan pelajari untuk bisa lebih percaya diri public speaking sekala besar.