BLANTERORIONv101

4 Keahlian yang Wajib Dimiliki oleh Seorang Content Creator

20 Agustus 2022
Content creator bukan sembarang profesi, meski banyak yang mengatakan pekerjaan ini hanyalah pekerjaan sampingan, akan tetapi pada kenyataannya pekerjaan inilah yang justru paling menjanjikan di era modern saat ini.

Bukan hanya sebagai talent di sebuah media, akan tetapi kualitas karya dan ide nya yang sangat diperlukan dalam sebuah konten, konten yang diproduksi juga beragam, seperti iklan, campaign, project bahkan promosi simple yang bisa di publish via media sosial.

Disisi lain kemampuan persuasif dan komunikasi nya yang dimiliki, seorang conten creator juga perlu skill tambahan dalam mendukung konten yang dibuatnya, terlebih jika baru pemula, maka kemampuan tambahan di bawah ini dapat membantu membuat konten yang menarik dan banyak disukai orang.

Simak kemampuan tambahan di bawah ini agar kalian bisa lebih ahli bekerja sebagai seorang conten creator:

1. Fotografi dan videografi
     
Sudah tidak asing lagi ketika kita melihat foto atapun video yang dibuat oleh seorang conten creator yang tujuannya untuk mempromosikan suatu produk atau hanya ntuk menghibur penonton nya saja. 

Dewasa ini tidak lepas dari kemampuan yang dimiliki oleh individu guna mempelajari seputar foto maupun video yang akan diambil sebagai konten, mulai dari sudut pengambilan, teknik pengambilan gambar dan video, memastikan persiapan teknis alat yang akan dipergunakan, dan tentunya sesuai dengan perencanaan awal.
Tentunya hal diatas ini sangat membutuhkan banyak jam terbang dalam mempelajarinya, mengingat pekerjaan seorang content creator banyak dicari oleh banyak kalangan, wajar saja jika pekerjaan ini menjadi salah satu pekerjaan yang sangat menjanjikan.

2. Storyboard
     
Jalan cerita atau storyboard ini merupakan hal yang tidak bisa diremehkan, karena sekalinya ada yang salah atau tidak sesuai dengan kemauan pelanggan, biasanya kemampuan kita akan dicap atau dinilai kurang profesional. 

Misal ketika kita sebagai seorang conten creator diminta untuk mempromosikan produk pelanggan, maka kita harus benar-benar teliti dan paham akan produk yang akan kita promosikan, baik dai seluk beluk produk, kelebihan produk hingga cara mendapatkan produk tersebut. 

Oleh sebab itu kemampuan storyboard akan sangat diuji dalam pekerjaan ini, adapun media yang biasanya digunakan oleh seorang content creator seperti, aplikasi manajemen konten khusus atau ada juga yang hanya sekedar menggunakan notes. 

Tentu saja komentar klien atau pelanggan harus kita jadikan sebagai motivasi untuk kemampuan ataupun pekerjaan kita agar nantinya bisa lebih baik dan handal. 

3. Editing
     
Sebagai seorang content creator pemula, kemampuan kita untuk menyunting akan sangat sangat berguna dalam sebuah konten, apalagi belum memiliki tim khusus, tidak ada salahnya kita belajar tentang teknik editing, karena kemampuan ini akan digunakan dalam mengumpulkan ataupun mengolah foto dan video untuk sebuah konten. 

Kemampuan menyunting ini sangat berpengaruh terhadap kualitas foto atau video yang kita buat, meski di bagian ini membutuhkan waktu yang panjang, dengan sering berlatih teknik editing ini, kita tidak perlu lagi mencari tim editor bagian editing, kita juga bisa lebih tau kemampuan tim dalam menyunting foto atau video, apakah sudah sesuai dengan perintah kita atau belum, begitu sekiranya.

4. Komunikasi
     
Bagaimana bisa seorang content creator dengan komunikasi yang lemah akan mendapat rating oleh klien atau pelanggan, big no, tentu saja memilih pekerjaan ini berarti kalian akan dihadapkan dengan banyak orang dan bisa juga berhadapan langsung dengan media, seorang content creator wajib tahu tentang bagaimana cara menyampaikan konten yang baik agar nantinya bisa diterima dengan hangat oleh audiens.

Sehingga kebanyakan kita akan di briefing oleh klien sesuai dengan permintaannya , agar mereka yakin dengan konten yang akan kita buat, disini perlunya kemampuan komunikasi juga negoisasi banyak diperlukan untuk meyakinkan para klien terhadap kualitas dan tentunya terhadap seberapa besar konten yang kita buat akan berpengaruh bagi konsumen mereka. 

Untuk bisa lebih belajar pada bagian komunikasi, maka kita bisa belajar lewat media pada youtubers, influencer ataupun selebgram, bagaimana mereka bisa menunjukkan dirinya sebagai talent pada produk orang lain.

Disini kita bisa mengambil sisi positif lewat media sosial, bagaimana kita seharusnya sebagai seorang content creator yang profesional dalam memuaskan kliennya, so terus berlatih ya!.

Komentar