BLANTERORIONv101

5 Cara Menulis Artikel Blog Sesuai SEO Friendly

8 Juni 2022

Tujuan kalian menulis di blog hanya sekedar hobi saja? Hey upgrade tujuan kalian menulis, di era teknologi sekarang ini apa saja bisa diuangkan, kalau tulisan artikel kalian bisa diwujudkan menjadi uang mengapa tidak. 

Banyak sekali hal-hal yang harus dipertimbangkan ketika membuat artikel di blog ataupun website, jika saat ini kalian sedang dalam fase pengembangan blog sebagai bagian dari strategi marketing perusahaan, maka yang perlu kalian lakukan, tulisan artikel kalian bukan sekedar interaktif, akan tetapi harus memiliki performa yang menarik dan benar di keyword atau mesin pencarian, salah satunya dengan menerapkan teknik menulis SEO friendly. 

Lalu bagaimana caranya?, simak penjelasan berikut ini.

1. Panjang judul artikel

Bukan hanya sisi menarik pada judul konten yang memiliki performa baik di keyword pencarian, seperti halnya google, ternyata panjang judul artikel bisa berpengaruh terhadap traffic dan pengunjung blog/website kalian

Menurut beberapa sumber, judul artikel yang lebih dari 10 kata dinilai memiliki performa yang baik dibandingkan judul yang terdiri dari 7-10 kata. Artikel dengan panjang judul 10 kata bisa mendapatkan 5 kali backlink dan 2 kali traffic serta share lebih tinggi. Karena menurut data jika judul artikel panjand mampu mendorong orang untuk membacanya dan menshare ke media sosial.

Baca Juga: 3 Jenis Artikel Penting yang Bisa Meningkatkan Traffic Blog

2. Panjang Isi pada Artikel Blog

Selain panjang judul artikel, ternyata panjang artikel juga berpengaruh terhadap performa di mesin pencarian, biasanya artikel dengan panjang lebih dari 1000 kata akan memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan artikel yang terdiri dari 500-900 kata Menurut data artikel dengan panjang lebih dari 1000 kata bisa menarik 3 kali traffic, 3,5 kali backlink dan 4 kali lebih banyak dibagikan di media sosial. 

Dari sini kita bisa menilai bahwa pada umumnya reader lebih tertarik untuk membaca serta membagikan blog dengan panjang lebih 1000 kata, karena menurutnya banyak informasi lebih yang akan didapatkannya. Akan tetapi kita bisa menyesuaikan jenis artikel yang kita buat, termasuk dalam kategori artikel, target dan tujuan.

3. Judul Bertipe Listicle 

Tidak hanya panjang judul dan panjang isi artikel saja yang perlu diketahui, tetapi tipe judul juga menjadi salah satu faktor yang juga penting dalam meningkatkan performa di mesin pencarian. Menurut salah satu sumber bahawa judul artikel bertipe listcle dan juga diawali dengan angka akam lebih banyak menarik pembaca atau pengunjung blog, juga akan lebih sering dibagikan di berbagai jenis media sosial, karena pada umumnya tipe judul seperti ini yang lebih sederhana dan mudah dicerna oleh pembaca. 

Selain judul yang bertipe listcle yang mendapatkan angka unique page views tinggi, ternyata artikel dengan judul seperti tips, trik, panduan ataupun teknis dalam melakukan sesuatu juga bisa menaikkan traffic blog.

4. Menyertakan Backlink ke Artikel

Yang harus kalian ketahui, ternyata dengan kita menyertakan tautan baclink baik link internal maupun eksternal ke dalam artikel, akan membantu menaikkan traffic blog, juga dapat meningkatkan pengunjung terhadap blog kita dan juga dengan link eksternal juga dapat membantu blog kita mendapatkan performa di mesin pencarian, seperti google dan sebagainya.

Baca Juga: Tahapan Membuat Blog Yang Baik

5. Memasukkan Foto pada Artikel

Agar pembaca juga tidak bosan dengan tulisan artikel blog, kita bisa menyertakan foto pada artikel, juga dalam panduan menulis artikel SEO friendly, foto bisa memberikan nilai ketertarikan tersendiri bagi pembaca. Pastikan foto ataupun gambar yang kalian sertakan tidak memiliki hak cipta, akan lebih bagus lagi jika gambar itu asli dari potret kalian.

5 tips diatas tentang menulis artikel blog yang sesuai dengan SEO friendly semoga dapat membantu kalian yang sedang dalam masa pengembangan blog ataupun website, selamat berkarya kawan.

Komentar