BLANTERORIONv101

Mengalami Hari Berat?, Ini Dia Tips Meningkatkan Kesehatan Mental

27 Juni 2022

Bukan hanya kesehatan fisik saja yang perlu dijaga, terkadang penyakit berbentuk fisik berasal dari ketidaktahuannya kita terkait gejala dan cara penyelesainnya dari yang sedang kita alami.

Menurut beberapa sumber bahwa mental down seseorang bisa juga berasal dari kondisi batinnya, entah itu berasal dari permasalahan keluarga, lingkungan hingga faktor diri sendiri yang bahkan tidak diketahuinya. Tidak banyak setiap orang peduli pada beban kesehatan mental yang sedang dialami orang lain.


Kalian pernah bukan merasa hari kalian begitu berat, sampai-sampai mau nangis aja susah,hayoo ngaku lohh, entah itu penyebabnya karena putus cintong atau masalah keluarga dan lingkungan, jujuly pernah kann?.

Setelah kita melewati hari yang begitu suram terkadang fisik kita sudah siap menghadapi tetapi sebaliknya dengan kesehatan mentak kita, sehingga apa yang terjadi?, tentu saja kita jadi malas untuk berinteraksi, malas keluar rumah alias ngurung diri di kamar.

Jika hal tersebut terjadi berlarut-larut maka kemungkinan besar kesehatan mental kalian yang berpengaruh semakin buruk, overthinking yang berlebihan, menjadi pribadi yang introvert, hingga memungkinkan kalian bisa mengakhiri hidupnya karena masalah yang tak kunjung usai, so apa kita harus diam aja?, sebelum kalian rujuk ke ahli psikolog atau dokter lainnya, sebaiknya jika masalah kalian tidak terlalu berat kalian bisa lakukan tips berikut ini:

1. Mengenal diri sendiri
Dalam memulihkan kesehatan mental, setiap orang memiliki cara unik tersendiri, kalian bisa mengingat-ingat kebiasaan atau aktivitas kalian setiap harinya, karena hal ini dapat membantu kita dalam mendeteksi gangguan mental yang sedang dialami, kita bisa mencatat hal-hal yang kita sukai, jam biasanya kita bangun atau tidur, sehingga dengan begitu kita bisa lebih tau perubahan-perubahan yang kita alami selama berselang waktu.

2. Menghindar dari segala bentuk layar
Akan lebih pulih jika kita menerapkan pola hidup atau aktivitas yang sehat, dengan tidak berhubungan dengan hp, tablet, laptop bahkan televisi, meski hanya sekedar meihat linimasa atau beranda di media sosial kita, itu akan berpengaruh pada otak kita, sehingga akan mengganggu jam tidur kita.


3. Menulis
Stress membuat otak kita benar-benar tidak ada yang dipriorotaskan, tetapi cobalah ketika kalian dalam kondisi seperti ini, untuk menulis entah apapun itu, kalian bisa menulis diary, atau bahkan puisi asal tidak membuat otak kita kosong yang berakibat kita jadi ngalamun, hhe hati hati loh yaa.

4. Berolahraga
Antara kesehatan fisik dan mental, keduanya saling berkaitan, makanya kita harus menjaga keseimbangan keduanya, kita bisa lakukan olahraga meski hanya sekedar lari di pagi hari, disarankan kalian melakukannya di luar ruangan untuk mendapatkan udara yang sehat, karena bisa menambah vit tubuh kalian, sehingga otak kalian juga akan jauh lebih fresh.

5. Pikirkan hal yang positif
Otak kita yang padat dengan sejuta masalah, ditambah lagi tidak ada waktu sedikitpun untuk beristirahat, ini akan membuat kita justru down, sebaiknya tetapkan prioritas hidup kalian, coba lah memiliki waktu untuk sendiri, pikirkan apa yang sedang terjadi, dan bagaimana sebaiknya yang harus kita kendalikan, jangan terlalu memikirkan hal yang tidak selayaknya menjadi beban pikiran.


Tidak hanya kalian yang merasakan down kesehatan mentalnya, karena semua orang punya masalah dan setiap orang memiliki cara nya untuk bangkit kembali, coba lah tips atau cara diatas setelah kalian jatuh dalam masalah, jangan khawatir akan hal yang memang belum terjadi pada kalian.

Selama kalian bisa mengendalikannya, maka kalian akan biasa dan terbiasa dengan hari-hari berikutnya, so jaga keseimbangan kesehatan fisik dan mental kalian guys, semoga membantu.

Komentar