BLANTERORIONv101

Paylater Atau Kartu Kredit, Mana Yang Lebih Menguntungkan?

19 Juni 2022

Belakangan ini masyarakat dihebohkan dengan kehadiran paylater, pinjaman tanpa uang jaminan ini menjadikan transaksi berbentuk kredit lebih mudah, inovasi kartu kredit yang satu ini menjadi solusi bagi user yang ingin mengambil cicilan kredit tanpa harus memegang kartu kredit.

Apalagi banyaknya kejadian di masyarakat yang pengajuan kreditnya ditolak oleh bank, ini salah satu yang kemudian menyebabkan masyarakat lebih pro untuk beralih menjadi user paylater.

Antara kartu kredit dan paylater keduanya memang sama-sama berfungsi sebagai pinjaman uang tanpa jaminan untuk pengajuan kredit, namun kartu kredit bentuknya kartu fisik, sedangkan paylater merupakan sebuah aplikasi. 

Dalam pembelian sebuah prduct atau barang di market place yang sudah bermitra, fitur kredit paylater dapat menjadi dana talangan yang artinya bisa dibayarkan di belakangan.

Bagi kalian yang ingin beralih menggunakan fitur kredit ini, kalian bisa memilih angsuran dengan skema pembayaran antara 1-12 bulan untuk traveloka dan 3 bulan untuk ovo, tentunya bagi kalian user baru mesti mengetahui mana yang menawarkan bunga lebih rendah antara keduanya.

Seperti yang kita ketahui di Bank Indonesia memberi syarat bunga kartu kredit maksimal 2.25%, dan Bank tidak dilarang menerapkan bunga diatas batas maksimal, di beberapa kartu kredit kita diberikan 0% bunga dari cicilan yang kita ambil, asalkan kita membeli suatu product di merchant yang sudah bermitra dengan Bank.

Selama kita membayar cicilan kredit kita sebelum jatuh tempo atau pas dengan jatuh tempo, ketika melakukan pembayaran setelah jatuh tempo, maka kita memberikan 2,25% total bunga nya dan denda atas keterlambatan pembayaran angsuran kredit, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca Juga: 4 Cara Mengatur Bisnis Online yang Tepat untuk Pemula

Seperti kartu kredit, paylater juga memberikan fasilitas bunga 0% dengan syarat cicilan hanya dapat dicicil dalam tenor cicilan 1 bulan saja. Sementara bunga yang terdapat di paylater sendiri, untuk paylater Ovo diketahui memberikan bunga 2,9% hitungan per bulan, 2,14% - 4,78% perbulan di paylater Traveloka, sedangkan paylater Gojek menerapkan 25 ribu bunga per bulan dan untuk kredivo diketahui 0% - 2,95% hitungan bunga per bulan.


Untuk tenor cicilan antara kartu kredit dan paylater hamper sama saja, tetapi pada umumnya tenor kartu kredit mulai dari 6 bulan, 3 bulan hingga 12-24  bulan, sedangkan tenor paylater menawarkan batas maksimal 12 bulan, bahkan  bisa 1 atau 3 bulan waktu cicilan saja, lalu banyak biaya kartu kredit atau paylater?

Dalam kartu kredit akan dikenakan biaya rutin tahunan dan untuk besaran biayanya berbeda-beda pada setiap bank, seperti:

1. BANK BRI
Kartu kredit easy card : Rp.250.000
Kartu kredit platinum : Rp.600.000
Kartu kredit world access : Rp.1.000.000
Kartu kredit infinite : Rp.2.000.000

2. BANK CIMB NIAGA
Kartu kredit classic : Rp.125.000
Kartu kredit platinum : Rp.600.000

3. BANK MANDIRI
Kartu kredit signature : Rp.900.000
Kartu kredit JCB precious: Rp.500.000
Kartu kredit skyz card : Rp.300.000

4. BANK BCA
Kartu kredit everyday card: Rp.125.000
Kartu kredit visa black : Rp.450.000
Kartu kredit visa batman : Rp.125.000

Seperti halnya kartu kredit, biaya yang diterapkan paylater juga berbeda-beda , untuk paylater ovo akan dikenakan 5% dari setiap jumlah transaksi, biaya 1% untuk paylater kredivo, dan tidak dikenakan biaya bagi paylater Traveloka dan Gojek. Sedangkan untuk biaya denda juga berbeda-beda dari setiap penyedianya.

Baca Juga: Cara Atur Uang Dengan Gaji 1 Juta

Antara paylater dan kartu kredit keduanya memiliki sisi keunggulannya masing-masing, so… tergantung dari kalian lebih nyaman menggunakan yang mana hhhe, semoga bermanfaat.

Komentar