BLANTERORIONv101

Cara Memasang Shunda Plafon Bekasi, Bukan Sekedar Teknik Standar

2 Juli 2022

Produk Shunda Plafon Bekasi dikenal memiliki kualitas bagus. Plafon dari bahan PVC ini mudah dipotong karena lentur, fleksibel bisa dibentuk mengikuti tren model arsitektur terkini, anti rayap, anti air, anti panas, dan masih banyak lagi keunggulannya. Namun, apa gunanya kualitas bahan yang bagus jika tidak mengetahui cara pemasangan yang benar?


Alih-alih plafon bisa tahan lama malah ambrol meski hanya terguncang sedikit saja. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan? Lantas, bagaimana cara memasang Shunda Plafon yang dikatakan tepat? 


Cara Memasang Shunda Plafon

Adanya bagian plafon yang dipasang dengan posisi kurang tepat dapat mengakibatkan plafon cepat rusak. Berikut cara memasang Shunda Plafon yang direkomendasikan. Tentunya bukan sekedar teknik standar.


1. Menyiapkan Bahan dan Peralatan

Sebelum melakukan pemasangan, ada beberapa bahan dan peralatan yang perlu disiapkan lebih dulu. Daftar bahan yang dibutuhkan yaitu rangka plafon, plafon PVC berkualitas, paku, sekrup, dan waterpass selang. 


Sedangkan peralatan yang dibutuhkan tidak kalah bervariasi. Mulai dari bor, mata bor, pemotong, meteran, gerinda dan siku, palu, stop kontak beserta kabel. Bagi tukang yang mengerjakan proses pemasangan Shunda Plafon Bekasi baiknya juga melengkapi diri dengan APD.


2. Memasang Rangka Pilihan Sesuai Ukuran

Rangka plafon dibutuhkan sebagai penyangga. Pilihan rangka yang bagus untuk plafon PVC adalah rangka berbahan kayu atau besi hollow. 


Rangka yang akan digunakan diukur sesuai dengan ukuran atap. Pengukuran harus dilakukan secara cermat karena sangat mempengaruhi hasil dan kerapian pemasangan plafon. Sebaiknya penandaan tidak melebihi ring balok karena bagian ini bagian paling keras. Penggunaan waterpass selang akan membantu mendapat hasil yang rata.


3. Memotong dan Memasang List Profil PVC

Setelah rangka siap selanjutnya proses memotong list profil PVC pada bagian sudutnya lalu memasangnya. Hal ini ditujukan untuk memudahkan proses pemasangan plafon. List ini dipasang di bawah rangka menggunakan sekrup dan bor yang baiknya menerapkan ketentuan jarak 30-50 cm antar sekrup.


4. Pemasangan Papan Plafon PVC

Pemasangan plafon membutuhkan kesabaran dan ketelitian karena dilakukan lembar per lembar. Pemasangan membutuhkan sekrup dan bor. Agar hasilnya rapi pemasangan baiknya dilakukan mulai dari satu sisi tepian tembok dengan memasukkan plafon pada list yang sudah dipasang sebelumnya. 

Di sini tukang harus memastikan papan terpasang kuat, rapi, dan tidak berlubang. Proses pemasangan dilakukan sampai semua papan terpasang.


5. Membersihkan Sisa Pemasangan

Pemasangan plafon dapat meninggalkan residu berbahaya, seperti potongan berbentuk runcing yang dapat melukai kulit atau mata. Karenanya selesai pemasangan diperlukan membersihkan sisa pemasangan Shunda Plafon Bekasi.

Komentar