BLANTERORIONv101

Ini Dia 8 Trik Untuk Troubleshooting Semua Software di Windows dan MacOS

31 Agustus 2022
Sudah menjadi kewajiban bagi kita user untuk mengerti hal-hal yang berkaitan dengan troubleshooting dasar, apalagi dengan kemajuan di bidang industry digital sekarang ini sudah menggunakan yang namanya  Personal Computer.

Sering sekali kerusakan yang berkaitan dengan perangkat lunak menjadi masalah yang tidak mengenakkan bagi kita,terkadang masalah software seperti ini yang menghambat pekerjaan kita, sebaiknya ketika kita menghadapi permasalahan seperti ini janga tergesa-gesa untuk menghubungi dukungan teknis apalagi malah dibawa ke conter, duhh.

Ada beberapa cara yang sederhana sebagai langkah dasar untuk memecahkan masalah software, setidaknya kita bisa mengerti apa saja penyebabnya.

Tanpa perlu panjang lebar pengertian Software, sudah kita ketahui bahwa Software dikenal dengan perangkat lunak, nah berikut ini bisa kalian simak bagaimana langkah untuk melakukam troubleshooting semua software di windows dan MacOS:

1. Kosongkan RAM dengan menutup program-program yang terbuka
Tentunya semakin banyak software yang kalian gunakan di komputer kalian maka semakin banyak juga RAM yang digunakan, biasanya komputer yang berjalan lama ini berkaitan dengan masalah software, kalian bisa menutup aplikasi yang terbuka:

Windows: tekan Ctrl + Alt + Delete tekan start task manager, kemudian pilih tab processes di jendela kiri, dan klik item memori, kalian bisa mematikan proses pelarian dengan klik tombol akhiri proses.

MacOS : gunakan activity monitor, buka utilities, kemudian urutkan program berdasarkan penggunaan RAM dengan memencet kolom yang berlabel Real Memory.

2. Restart Software
Terkadang masalah software ini berasalh dari masalah program lain atau bisa juga kesulitan software saat memulainya, cara yang paling mudah ini dengan mematikan program dan memulai ulang.

3. Matikan dan Restart Komputer
Biasanya meski kita sudah merestart software, masalahnya belum kunjung selesai dan tidak ada perubahan, ini yang kemudian kalian perlu mematikan komputer anda dengan merestart komputernya, karna ini merupakan cara yang bisa dibilang simple.

4. menggunakan akses internet  untuk mencari bantuan
Biasanya permasalahan ini, terdapat akses internet yang bisa di akses lebih lanjut, atau kalian bisa mengetik di mesin pencarian dengan menyertakan nama dan versi program perangkat lunak, dan jika kalian menerima pesan kesalahan tertentu, sudah otomtis mengakses internet, tulis saja kesalahan yang tepat dan nama aplikasinya.

5. Undo update software atau hwardware terbaru
Terkadang karna kita sedang buru buru asal menklik yes dari notif yang menawarkan update software maupun hardware terbaru, terkadang ini akan bertentangan dengan perangkat lunak lainnya.

6. Delete installer file, software, dan instal ulang
Sering kita jumpai ketika sebuah aplikasi menggunakan file Dynamic Link Library yang sama, dan ketika kita menghapus satu program, kemungkinan kalian menghapus file DLL yang diandalkan program lain, untuk mengatasi ini kalian hanya perlu menghapus installer file kemudian instal ulan kembali.

7. Scan virus dan malware
Virus, malware dan segala bentuk lain dari perangkat lunak yang berbahaya ini yang manjadi penyebab software nge hang, macet, lemot bahkan  bisa berhenti sepenuhnya, kalian bisa memindai komputer dengan alat antivirus, gunakan saja mode pemindaian yang sudah terkenal di dunia, lebih lanjutnya kalian bisa menonton tutorial di Youtube agar kalian lebih paham untuk langkah-langkahnya.

8. Boot atau jalankan komputer dalam safe mode
Seperti yang kita ketahui bahwa Sistem operasi windows dan mac menawarkan dukungan pemecahan masalah yang dikenal dengan istilah safe mode, di kebanyakan komputer windows untuk masuk safe mode hanya perlu menekan F8 saat komputer melakukan boot, sedangkan di mac, kalian bisa tekan Shift saat komputer sedang melakukan boot.

Jangan panik jika kalian menghadapi masalah software, coba saja 8 trik diatas, semoga bermanfaat.

Komentar