BLANTERORIONv101

Mengenal Istilah-Istilah Dalam Keindahan Fashion Photography

26 Agustus 2022
Seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya bahwa, belakangan tahun ini banyak sekali seseorang yang menyukai hobi atau pekerjaan bidang industri fotografi, sehingga tidak menutup kemungkinan jika banyak hal hal dasar yang masih belum dipelajari, khususnya di kalangan gendre fashion photography.

Perlu kita ketahui terlebih dulu bahwa, fashion photography merupakan bagian dari jenis fotografi yang dikhususkan untuk dunia fashion saja, seperti tas, sepatu, pakaian dan item fashion lainnya, yang pada nantinya akan dipromosikan melalui media cetak ataupun media digital.

Berkembangnya zaman, banyak sekali transisi model dari zaman dulu hingga saat ini, karena fotorgrafer pun juga memiliki segi pengambilan gambar dengan pemotretan yang berbeda-beda, mulai dari tatanan estetika latar pemotretan, cara berpose hingga accesoris yang dikenakan oleh model fashion.

Keindahan yang terdapat pada fashion photography ini terletak pada seni berpakaian, tas, sepatu, accesoris dan sebagainya, yang kemudian dipadukan dengan citra stylish dan glamour di industri ini, tidak mudah menjadi fotografer di bidang fashion ini.

Fashion photography ini merupakan jenis fotograsi yang tidak mudah untuk diantesi, karena pada dasarnya harus menyesuaikan dengan permintaan clien yang kemudian akan disesuaikan dengan trend fashion yang sedang hype. Hemat penulis, ada beberapa istilah yang perlu kalian ketahui:

1. Fotografi mode editorial

Yang bisa ketahui dari fotografi fashipon ini yakni, pada seni yang menampilkan sebuah narasi, dengan ciri khasnya terdapat pada sebuah tulisan narasi biasanya memuat cerita pendek dan deskripsi item fashion, pada intinya berbeda-beda setiap fotografer dalam memberikan deskripsinya, bisa kita lihat di majalah, buku, koran, poster dan media massa lainnya.

2. Fotografi mode tinggi

Sering kita jumpai di media sosial jenis fotografi yang satu ini, tidak dapat dipungkiri fotografer dengan bayaran yang cukup besar, karena fotorgrafi jenis ini digunakan oleh brand fashion yang sudah universal dan terkenal, ciri khasnya yakni menampilkan seni fotografi high class yang penyajiannya secara eksklusif dengan tema yang bahkan tidak lazim alias terkesan glamour, sehingga jenis fotografi ini lebih terkesan berkarakter dan menonjol.

3.Catalogue photography

Jenis fotografi yang satu ini fokus menampilkan visual yang relatif simple serta menampilkan busana yang bentuknya kolase, tujuan dari seni fotografi ini yakni model-model busana, dalam pemilihan busana model, gestur serta pose yang dihasilkan tidak terkesan menonjol secara berlebihan.

4. Street fashion photography

Sering kita melihat model-model mengambil pemotretan di jalan atau tempat umum?, nah jenis fotografi yang satu ini memang fokus menampilkan visual potret mode busana dari beragam sub kultur, biasanya menggunakan background jalanan kota serta dilengkapi dengan item dan properti yang mendukung.

Jenis fotografi ini sering juga disebut sebagai Urban fashion, karena seni nya yang menampilkan busana dengan konsep yang elegan, simple dan nyaman digunakan dijalanan, serta wort it untuk kita beli, hahaha.

Kalian yang berminat untuk membuka jasa di bidang fashiom photography, sebaiknya ketahui tips berikut ini karena banyak sekali perusahaan yang berlomba-lomba di bidang ini, disamping permintaan klien yang memang harus mendapatkan hasil yang maksimal:

1. Memahami teknik dasar dalam dunia fotografi
2. Ketahui tren  yang sedang hype
3. Networking yang baik dengan semua orang
4. Bisa bekerja sama antar tim
5. Memiliki konsep yang jelas sehingga klien tidak bingung 
6. Mempunyai portofolio sehingga promotor tidak ragu dengan kemampuan kita
7. Pandai berkomunikasi dengan stylish.

Tidak ada pekerjaan yang intant dan nyaman, semua pekerjaan memiliki resiko, pada intinya jangan ragu dengan kemampuan kita,  karena teori tanpa adanya aksi sama saja kita seperti batu, berproseslah, karena keterampilan juga akan datang dibarengi dengan berjalannya waktu.

Komentar