BLANTERORIONv101

Pilih Mana? Format RAW atau JPEG

29 Agustus 2022
Istilah jpeg dan raw ini sudah tidak asing lagi di dengar di oleh pecinta fotografi, format ini yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan gambar, bagi fotografer pemula pastinya masih sering bingung untuk membedakan kedua format ini mana yang lebih baik dana pa saja perbedaan dari format raw dan jpeg ini.

Kata raw yang terdiri atas  tiga huruf ini sering disalah artikan oleh kalangan masyarakat, kata ini sering dianggap sebagai sebuah singkatan, karena pada umumnya dalam Bahasa ibu memang jarang kata kerja ataupun kata benda terdiri dari tiga kata, karena minimal terdiri dari empat kata.

Padahal kata raw ini merupakan kata yang berasal dari Bahasa inggris yang artinya sesuatu yang mentah atau sesuatu yang belum diolah (original), jadi bisa diambil kesimpulan bahwa format raw ini adalah gambar mentah yang mentah dan belum diproses, baik itu pada segi kualitas maupun foto.

Sedangkan jpeg ini singkatan dari  join photographic expert group, gambar jpeg ini secara otomatis akan terkompress secara lossy dengan kualitas yang premium agar mendapatkan ukuran file yang kecil., biasanya format jpeg ini digunakan pada gambar yang tidak jelas batasnya, missal pada foto, lukisan dan sebagainya. 

Pengertian yang membedakan format jpeg ini berbeda dengan format raw, jpeg ini adalah hasil gambar yang sudah matang proses penyesuaian warnanya, pencahayaannya, dan ukuran yang dihasilkan dari kamera digital.

Kelebihan dan kekurangan gambar menggunakan format raw:

Dengan menggunakan format ini maka beberapa kelebihan yang bisa diambil diantaranya, 

1. Mengubah settingan white balance format raw, maksudnya gambar yang sudah disimban oleh kamera tanpa di diolah sensor kamera, dewasa ini sehingga tidak ada lagi pengaturan white balance.

2. Melakukan perubahan warna gambar dengan detail serta bayangan yang lebih banyak dibandingkan dengan format gambar lain.

3. Memperbaiki sorot pada gambar, maksudnya highlight daerah yang menerima banyak pencahayaan.

Sedangkan kekurangan menggunakan format raw ini;

1. Format raw ini membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar dibandingkan dengan format lainya, karena gambar yang berformat raw ini merupakan file mentah alias di file ini tidak terjadi pengompressan gambar, dehingga membutuhkan memori yang jauh lebih besar.

2. Membutuhkan proses yang lama dalam pengeditan, tentu saja karena format gambar sendiri merupaan file yang murni.

3. Pengambilan atau proses pemotretan menggunakan format ini membutuhkan waktu yang lama.

Perbedaannya dengan kelebihan menggunakan format jpeg ini;

1. Ukuran gambar jpeg ini jauh lebih kecil karena memang tidak memerlukan ruang penyimpanan yang besar dan tidak menggunakan penghematan yang tinggi.

2. Gambar jpeg ini diselesaikan dengan kamera dalam semua pengaturan yang ada, seperti balance, saturasi warna,ISO, kurva nada serta kecepatan rana yang sudah diterapkan pada gambar.

3. Kamera bisa membaca dan menulis file jpeg ini jauh lebih cepat karena ukurannya yang lebih kecil.

Sementara kelemahan memakai format jpeg ini yakni,

1. Format gambar jpeg kurang dinamis dari format raw, artinya gambar kurang cerah dan daerah bayangan susah untuk diperbaiki.

2. Algoritma kompressi dengan lossy method ini yang berari dapat menghilangkan beberapa detail foto, karena file yang sangat padat.

3. Bisa merubah warna warna lain karena gambar jpeg 8 bit yang menempatkan kurnag lebh dari 16 juta warna.

Semakin kesini bagi kalangan fotografer amatir semakin sadar memilih untuk menggunakan format raw, karena dengan penjelasan diatas, format jpeg ukuran yang lebih kecil sehingga memungkinkan kita seorang fotografer kehilangan beberapa parameternya dari setiap hasil gambar yang dipotretnya.

Tentunya dengan menggunakan format raw kita jauh lebih leluasa untuk dapat menyeimbangkan bagian-bagian dari gambar yang masih banyak kekurangan, semoga membantu.

Komentar