BLANTERORIONv101

Ini Cara Membuat Menu Navigasi di Blogger Agar Tampil Menarik

4 Agustus 2022
Banyak sekali keluhan-keluhan terkait dunia blogger, salah satunya menyimggung blog yang lama ngga di acc oleh adsense, seharusny hal ini menjadi penting untuk diperhatikan bagi blogger pemula dalam pengembangan blognya, banyak dari mereka mementingkan kualitas tulisannya ketimbang mengupdate tatanan, tampilan dan menu  di blog nya. 

Dalam panduan video adsense, sudah terdengar jelas poin penting yang disampaikan, salah satunya syarat untuk mendapatkan perizinan di adsense adalah tatanan blog yang unik dan menarik  sehingga muda diakses dan dicari oleh pengunjung, demikian menjadi pertimbangan oleh blogger pemula sebelum traffic blogmu semakin meningkat.

Pernah mengakses sebuah blog dengan artikel-artikel yang menarik?, sudah membancanya berlembar-lembar halaman, tetapi di tengah jalan ketika kalian akan menekan kembali satu langkah saja malah langsung keluar akses blog, ini membagongkan bukan?

Hmmm, ngga asik memang si, makanya mengapa dikatakan bahwa konsep terpenting dari blog ialah kemapuan bagaimana mengelola halaman untuk berpindah dari satu page ke page yang lain dengan menggunakan berbagai link.

Sudah menjadi sebuah kewajiban bagi kita sebagai blogger untuk memberikanm akses yang mudah bagi pengunjung, maka dari itu sangat diperlukan adanya navigasi blog.

Masih bingung membuat menu navigasi di blog?, tipe blogger seperti kalian seharusnya sudah paham dan mandiri, karena berbagai platform di media sosial ini tidak hanya berisi konten tertentu saja.

Tetapi banyak juga platform media sosial, seperti youtube, website, menyajikan tutorial yang berkaitan dengan panduan membuat menu navigasi di blog, makanya jangan malas buat mencari ya guys.

Menu navigasi ini selain menjadi bahan pertimbangan agar blog kalian bermitra dengan adsense, juga sebenarnya untuk memudahkan pengunjung dalam mengakses laman blog kalian, dan tentunya tampilan blog kalian akan lebih tertata dan rapi, dibawah ini cara membuat menu navigasi di blogger:

1. Buka blog terlebih dahulu yang ingin di edit menu Navbar nya.

2. Log ini di akun blogger, klik bagian tema kemudian pilih edit html.

3. Klik di bagaian apa saja dalam kotak, kemudian tekan ctrl+f, sampai muncul kotak pencarian search di kotak kode.

3. Kemudian tulis saja salah satu menu yang ada di blog kalian, misal mencari kata referensi, kemudian enter, maka secara otomatis akan muncul tulisan referensi di menu navigasi blog kalian.

4. Jika sudah berhasil ditemukan, ganti saja tanda  # dengan link yang ada di blog kalian, bebas untuk memasukkan label ataupun halaman.

5. Setelah berhasil, klik simpan

6. Lihat di blog kalian, dengan refresh atau reload blog yang sudah kalian akses tadi, coba lihat bagian menu navigasinya apakah sudah berfungsi atau belum

Sekedar untuk pengetahuan tambahan saja, ada beberapa bagian-bagian yang perlu disetting di blog kalian:

1. Header, untuk edit bagian halaman atas, berisi judul atau deskripsi blog.

2. Menu navigasi, ini yang kemudian digunakan pengunjung untuk mencari kelompok artikel berdasarkan label.

3. Halaman konten, ini menyajikan halaman dengan artikel-artikel yang sudah kita buat.

4. Sidebar, sedangkan di bagian ini biasanya artikel terbaru atau terpopuler akan ditayangkan, sidebar ini bisa di letakkan di bagian kanan ataupun kiri , sesuai dengan selera settingan masing-masing.

5. Footer, biasanya ini menayangkan copyright, bulan atau tahun blog, pembuat blog dan sebagainya yang berada di halaman bawah.
Meski sebenarnya kalian harus terlebih dulu mengetahui ilmu yang berkaitan dengan html, agar kalian tidak terlalu rumit dan mudah menyelesaikan masalah dalam tatanan blog, semoga membantu yaa guys.

Komentar