BLANTERORIONv101

Panduan Membuat Video Menggunakan Format Flat Lay

2 September 2022
Sekarang seseorang lebih tertarik untuk menonton video resep memasak, tips melakukan aktivitas, bahkan hingga video panduan-panduan yang lain di media sosial dibandingkan untuk membaca buku ataupun e-book, yaps kenyataannya memang menonton dengan durasi paling lama 5 minute, sedangkan membaca perlu 1 jam an lebih untuk bisa tahu maksud dan tujuan dari bahasan yang kita baca.

Jadi ingat kata guru sd dulu, “lawan mu besok bukan sesama manusia lagi, tetapi berwujud robot teknologi”, okee sekarang kita baru bisa menyerap inti dari robot teknologi, masyarakat saat ini memang mengalami dilema yang rumit, banyak profesi dari mereka yang sudah tergantikan dengan robot teknologi masa kini, persaingan di dunia bisnis hanya dimenangkan oleh mereka yang bercuan dan dikendalikan oleh robot teknologi.

Jika kita bicara soal rezeki, memang semuanya sudah ditakar oleh tuhan dengan porsi masing-masing, melihat beragamnya permasalahan diatas, apa kita hanya diam?, tentu tidak karena kita bisa mengambil dampak tersebut dari sisi positif, hhe jadi panjang lebar kembali ke laptop dahh. 

Sekarang banyak sekali penyedia jasa videografi dengan beragam jenisnya, salah satunya untuk menjawab permasalahan diatas, maka sangat perlu adanya modifikasi, waktu yang singkat membuat seseorang tidak punya kegiatan untuk membaca buku, mereka beralih untuk menonton video tutorial dan sebagainya.

Nah ini bisa jadi peluang buat kalian yang berada di dunia videografi untuk menyajikan konten seputar panduan, tip, tutorial dan sebagainya dengan teknik tertentu.

Teknik dengan tampilan flat lay inilah yang kemudian digunakan  dalam membuat konten singkat, ada tiga cara sebenarnya yang bisa dilakukan;

1. Gunakan tripod panjang, atur di posisi tinggi dengan kamera mengarah ke bawah
2. Kombinasikan monopod dan pole holder, pasang kamera di monopod, setelahnya selipkan monopod dengan kuat ke boom pole holder.
3. Gunakan overhead camera rig.

Kalian bisa simak panduan di bawah ini untuk membuat flat lay video:
1. Rancang dengan baik
Perencanaan sudah menjadi hal dasar yang tidak bisa kalian lupakan, kalian bisa memulainya dengan membuat alur tahap yang secara rinci dari video yang akan kalian buat, buat storyboarnya, siapkan semua objek yang dibutuhkan, terakhir pastikan ruangan memiliki pencahayaan yang baik.

2. Pahami platform
Kenali dulu konten yang akan kalian buat nantinya akan di unggah di platform mana, buat konten sesuai dengan karakteristik dari medsos yang kamu pilih, misal kalian membuat konten untuk platform Instagram maka maksimal tidak lebih dari 5 menit, berbeda dengan igtv yang bisa mengunggah video hingga durasi 60 menit, jadi pahami dulu, agar pada proses editingnya juga tidak terlalu rumit.

3. Kenali perangkat
Berbeda jika kalian menggunakan kamera digital yang terbaru, ketika dalam pengambiilan video kalian menggunkan hp atau smartphone, kaliam harus pelru memperhatikan kamera smartphone, misal segi kualitas gambarnya, hingga daya baterai dari smartphone tersebut.

4. Edit yang menarik
Nah di bagian ini yang paling sulit untuk di skip, karena memang bagian terakhir ini yang menentukan hasil video kalian, sesuai konten kalian perlu menambahkan supers atau tulisan pendukung pada konten video yang kalian buat, tone gambar yang sesuai, background music yang tidak bosan orang mendengarnya, hingga perlu memperhalus transisi antar adegan,karena itu akan berpengaruh pada emosional respon penonton.

Beberapa mengatakan bahwa konten yang bagus dinilai dari maksud dan tujuan serta informasi yang disampaikan atau didapat dan mudah dipahami oleh penonton, 4 panduan diatas bisa lansung kalian praktekkan dalam pembuatan video flat lay, selamat mencoba…

Komentar