BLANTERORIONv101

Cara Merawat Bulu Anjing agar Bebas Kutu

6 Oktober 2022

Apabila tidak dirawat dengan baik, bulu anjing tak hanya akan jadi kotor, gimbal, ataupun rontok tapi juga bisa jadi sarang kutu. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan cara merawat bulu anjing yang tepat agar anjing kesayangan Anda tidak diganggu oleh keberadaan kutu, seperti pinjal dan caplak.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah memandikan anjing Anda secara teratur dengan shampoo khusus anjing dan air hangat. Akan tetapi, kalau anjing Anda sudah terlanjur berkutu, Anda bisa konsultasikan dulu dengan dokter hewan untuk mendapatkan shampoo anti kutu khusus anjing.


Selain itu, sisir bulu anjing secara rutin dengan sisir khusus. Menariknya, sisir khusus ini tak hanya bisa membantu Anda membersihkan bulu anjing dari kutu-kutu yang bersarang, tapi juga menghilangkan kotoran yang menempel di kulit serta bulu anjing kesayangan. 


Dan untuk membunuh kutu yang tertangkap di sisir, Anda cukup rendam sisir di dalam wadah berisi campuran air panas dan shampoo anti kutu. Hindari membunuh kutu dengan tangan, ya. Soalnya, kutu bisa melompat cepat dan salah-salah, kutu malah kembali ke bulu anjing Anda.


Cara merawat bulu anjing berikutnya adalah dengan memberikan obat kutu yang aman dan efektif untuk anjing Anda. Salah satunya adalah NexGard, yaitu tablet kunyah yang bisa Anda berikan setiap bulan untuk melindungi anjing kesayangan dari gangguan kutu yang mengganggu.

Komentar